On Tue, Jul 13, 2004 at 06:04:19PM +0700, Pinkan wrote:
> saya sudah coba chmod u+s `which mount` agar bisa mount cdrom dari user.
> tapi kok tetap saja ada error "mount: only root can mount /dev/cdrom on
> /mnt/cdrom". saya sudah keliling di google ditambah dokumentasi dari milis
> ini, dan solusinya tetap saja menjalankan perintah chmod u+s `which mount`
> atau chmod +s `which mount`. tapi lagi-lagi tidak menyelesaikan masalah.
> ada yang punya solusinya?

Tambahkan option "user" di fstab. Ini di fstab saya:
/dev/cdroms/cdrom0      /mnt/cdrom      udf,iso9660     user,noauto,ro,exec     0 0

Baca:
man mount
man fstab

Program 'mount' tidak usah diutak atik. Kalo permissionnya sudah 4711
dan user:groupnya sudah root:root sudah benar:
-rws--x--x  1 root root 73352 Feb 19 21:15 /bin/mount

> satu lagi nih, kalau user mau jalanin command yang otomatis run ketika
> startup apa juga dipasang di rc.local juga?

Ketika startup apa? computer? X? shell?

> Apa rc.local itu script otomatisasi command untuk root saja?

Itu untuk system, tidak ada urusan ama user siapa.

Ronny