On Tuesday 13 July 2004 23:35, Ivan Hadiyan TS wrote:

> Hehehehe sip2, trims buat jawabannya ya rekan-rekan.... Btw, saya juga
> emang ngga tau cara install kalo dari tar itu koq,  taunya cuma dari rpm,
> jadi baru tau nih caranya yang tar hehehe trims juga ya :-)
>

> Sincerely,
> Ivan Tan

Cara nginstall dari tarball mudah kok. Secara garis besar, stepnya cuman
ekstrak tarball, configure, compile, trus di instal (di direktori yg sudah
ditentukan pas waktu configure pertama tadi).
Buat rekan2 yg lain, mohon koreksinya kalo salah.

Untuk lebih jelasnya, stepnya sedikit banyak seperti ini:
1. Ekstrak file tarball nya.
Untuk file tar.gz, diekstrak pake opsi zxf. Untuk file tar.bz2, diekstrak
pake opsi xjf.

2. Baca2 dulu file README, INSTALL atau panduan lainnya. Kasian kan si pembuat
programnya udah capek2 bikin panduan kalo 'gak dibaca. :)
Lagian dgn ngebaca file2 ini, kita sedikit banyak kita bisa tau hal-hal spt:
apa lib yg diinginkan si program, pake compiler apa, pake flag apa, dsb.

3. configure.
yg dimaksud configure disini adalah proses mengkonfigurasi program ybs
misal: program ini nantinya mau ditaruh dimana, helpnya mau ditaruh
dimana, pake fitur apa, pake lib apa, pake header apa, dsb.
*Umumnya* di direktori hasil ekstrak tarball tadi ada file script
"configure" yg bisa diekskusi dgn menambahkan opsi2 konfigurasi
yg diinginkan. Bisa juga berupa "install.sh" atau lainnya.
Masuk ke direktori hasil ekstrakan tadi, lalu jalan "./configure".
Untuk lebih jelasnya, *biasanya* sudah disertakan help di file
configure tadi. Untuk melihat help-nya, jalankan "./configure --help"
Jadi proses konfigurasi tadi bisa berupa: ./configure --prefix=bla
--bindir=bla --sbindir=bla --datadir=bla dll.
Jika tidak ingin terjadi kesalahan, mis: tombol enter kepencet, atau
lainnya, konfigurasi ini bisa ditulis di suatu file, trus file ini
dijalankan ke shell yg aktif. Misal: file konfigurasi tadi ditulis ke file
"konfig", trus file konfig ini dijalankan oleh shell. Contoh: jika pake
bash, jalankan "bash ./konfig".

4. make
Proses dimana program tadi dicompile, proses kompilasi dilakukan sesuai dengan
konfigurasi yg tadi dilakukan sewaktu configure.
(penambahan fitur, lib, header, dll)

5. make install
Proses instalasi program yg telah terkompile ke direktori yg telah ditentukan
sewaktu configure tadi.

Jika kita ingin tau file-file apa saja yg terinstall ke sistem, ada trik yg
bisa dilakukan sebelum dan sesudah proses "make install" dijalankan.
Yaitu membuat daftar file-file *sebelum* program tadi masuk, dan membuat
daftar file-file *setelah* program tadi masuk. Nah, dengan membandingkan
daftar *sebelum* dan *sesudah* ini, maka akan didapatkan list file-file dari
program ybs.

Untuk lebih jelasnya, stepnya bisa spt ini:
Sebelum proses "make install", jalankan:
# find /* > ./program1
Akan terdapat file "program1" yg berisi daftar file-file di sistem *sebelum*
program baru tadi masuk.
Lakukan "make install" seperti biasa. Setelah proses "make install" selesai,
lanjutkan dengan:
# find /* > ./program2
Akan terdapat file "program2" yg berisi daftar file *sesudah* program baru
tadi masuk. Lanjutkan dengan membandingkan file-file ini:
# diff ./program1 ./program2 > ./daftar2file_program
Akan terdapat file "daftar2file_program" yg berisi file2 dari program ybs.

Setelah program tadi terinstall, disarankan untuk mengupdate shared library yg
ada disistem, terutama jika kita menginstall / mengupdate library atau header
versi yg lebih baru dari tarball. Jalankan:
# ldconfig

--
Wassalam,
Hari Purnama