Waduh..gimana yach...
memang setting /var/qmail/control/smtproutes bisa berhasil kalau dipasang di smtp server yg local (IP public or local) yg mengacu ke Mailserver ISP.
Nah..kondisinya. adalah :
Mailserverku tidak diblok (aku punya 2 mailserver utama, dan tidak diblok sama spamhaus-AOL-apaun).
Tapi gatewaynya yg diblok, biar enak aku gambarkan dulu topologinya.

CLIENTZ(IP local) -> GATEWAY --------->ROUTER -> INTERNET

                                            MAILSERVER

Clientz : semua IP local, mis. 192.168.0.0/16
gateway : eth0 : public , eth1 = 192.168.0.1 <----gateway ini yg diblok
Mailserver : Public .

gateway disitu aku cuman pasang policy NAT untuk semua paket.
Mailserver disini hanya dipakai kalau si client tidak bisa kirim langsung lewat gateway, jadi mailserver berfungsi sbg tukang ngirimin email bagi yg tidak bisa relay.

nah..kondisinya.. kalau client yg menggunakan smtp mailserver, mereka bisa kirim2 email, tapi kalau langsung menggunakan smtp lain mis, smtp.centrin.net.id bisa lewat langsung gateway-router tanpa lewat mailserverku, ini adalah keuntungan mailserverku supaya tidak sibuk.
tapi masalahnya jadi gatewaynya yg kena blok karena tidak ada pemeriksaan khusus thd spammer/trojan-spam/lainnya.

Katanya ada saran untuk mengatasi ini supaya tidak kena blok lagi di gatewaynya di pasang RBLDNSD dari www.corpit.ru/mjt/rbldnsd.html , tapi koq aku bingung cara memasangnya bagaimana yg optimal itu.

Mohon Petunjuknya....?