From: "Asfihani" <[EMAIL PROTECTED]>, Sent: Wednesday, July 28, 2004 16:06 ;

> On Wednesday, July 28, 2004 3:47 PM Chris Bianco wrote :
> Ya sebenarnya ndak papa pakai qmail -> Postfix -> final destination,
> Tapi kan memperpanjang jalur saja hehe. Selain itu pertimbangkan jika
> qmail sedang sibuk menerima email :-).

Betul mas, mau saya dari user juga langsung ke smtp postfix --> final
destination
Tetapi boss disini maunya jika user kirm mail, user --> mail.xxx.co.id -->
mailgate.xxx.co.id --> final destination

>Btw, apa pertimbangannya setiap
> email harus dilewatkan qmail dulu?

Ini maunya boss saya, nantinya user hanya bisa kirim melalui smtp qmail.
Nah si qmail yg nge-relay ke postfix baru ke luar/final destination.

Dan smtp postfix (relay) hanya bisa menerima dari dalam hanya dari ip qmail
(10.1.1.2), dari user lain tdk bisa (misal user : chris ip 10.1.1.50) dan
kalau dari luar/external ya mestinya harus bisa juga.

Utk hal seperti ini, apakah sudah cukup dengan memasukkan ip qmail di
mynetworks nya Postfix saja, atau ada hal lain.
mynetworks = 10.1.1.2/24, 127.0.0.0/8

Apakah di Qmail tdk ada perubahan/penambahan setting.

Kedepannya , nanti mailrelay(postfix) mau ditaruh di DMZ, jadi user kalau
kirim mail tdk bisa/boleh langsung tembak ke smtp mailrelanya(postfix)

> Regards,
> Asfihani

salam
Chris