From: "A. Karim" <[EMAIL PROTECTED]>, Sent: Wednesday, July 28, 2004 13:03
;

> saya malah ginung dengan alur ini, menurut saya, user dalam mengirim email
> kan menggunakan accoutnya, nah accoutnya kan ada di pop3 (qmail anda),
> berarti secara otomatis alurnya seperti yg di bawah

internet

maaf , mungkin maksud pertanyaan saya kurang jelas,
misal :
mail.xxx.co.id ip 10.1.1.2 (qmail)
mailgate.xxx.co.id ip 10.1.1.10 (postfix)

jika di MUA client kalau saya set smtp ke ip 10.1.1.10, artinya kan user
langsung kirim melalui mailgate.xxx.co.id (postfix) --> internet, tdk
melalui mail.xxx.co.id (qmail).
Karena setelah dicek di log qmail, tdk ada informasi email ini yg lewat smtp
qmail ,tetapi jika saya cek di log postfix, ada informasi bahwa email lewat
smtp postfix.
jadi persepsi saya dari contoh diatas,
dari user --> mailgate.xxx.co.id --> internet (cmiiw)

Tetapi kalau di MUA client saya ganti ke ip 10.1.1.2, email akan terkirim
hanya melalui smtp.qmail --> internet.
Bagaiman caranya agar email keluar/kirim dari user --> 10.1.1.2 -->
10.1.1.10 --> internet

Nah utk setting di mesin qmail dan postfix hal apa saja yg perlu
dirubah/diset.
Tadi mas Asfik juga sudah kasih masukan di main.cf, mynetwork ditambahkn
ip.qmail.
Mungkin ada hal lain.

> gak, kalo masih begini, yg relay masih tetap qmail, tidak seperti yg anda
> gambarkan sebelumnya dimana yg relay emailnya adalah mailgateway (postfix)
>
> jadi yg di setting pada MUA adalah ip mailgteway.xxx.co.id

Kalau diset ke ip.mailgateway.xxx.co.id, yg kirim keluar dari MUA user -->
postfix --> internet. (berdasarkan log postfix, di log qmail tdk ada
informasi emaiul keluar)
Kalau dari user hanya boleh lewat 10.1.1.2, nah si qmail kirim ke 10.1.1.10
baru si postfix yg kirim keluar/final destination, hal-2 apa saja yg perlu
diperhatikan.

> ini cuma tambahan saya saja, supaya qmail bener bener ada di belakang
> firewall, jadi gak bisa pake jaringan luar, kecuali hanya mailgateway
> saja yg di ijinkan untuk mengakses port 25nya

Oke.

> yg mententukan alurnya hanya pada DNS, jadi yg perlu di record sebagai MX
> hanya mailgateway (postfix) saja

di DNS saya isinya sbb :
IN MX 10 mailgate.xxx.co.id
mailgate IN A 10.1.1.10