On Kam, 2004-08-19 at 16:09, Mohammad Ikhsan wrote:

> thx, kira2 gambarnya seperti ini :
> (downlink)
> vsat--------|           |--LAN A (downlink:vsat uplink:fo)
>             |           |
>             linux box---|--LAN B (downlink:fo uplink:fo)
>             |           |
> fo----------|           |--LAN C (downlink:fo uplink:fo)
> (downlink/
> uplink)
>
> fo dan vsat beda isp, di linux box pake 3 interface
> Untuk konfigurasi seperti ini, apa saja yag mesti saya set up di linux
> boxnya? syukur2 dikasih syntaxnya :)

soal asimetrik routing bukan hanya link fisik

konsepnya:
lan A konek ke internet harus dikenal di internet sbg source IP ISP
vsat, supaya downlink melalui vsat meskipun routing uplink kita arahkan
ke fo

jadi jangan menganggap solusinya dengan iptables begitu saja!

yang paling gampang, lan A, B dan C adalah IP publik semuanya
linux box hanya sebagai router, bukan NAT

--
Jauh ka bedug: Dusun,bodo, euweuh kanyaho.