Hai milisers,

Saat sedang memperbaiki komputer tua (IBM) punya teman,
selintas melihat modem internal dg chipset lucent.
Tanya ke teman, modemnya ternyata tidak dibutuhkan.
Yah sudah modemnya saya minta untuk coba-coba install
softmodem di linux redhat 7.3. Lalu saya download
/usr/local/src/ltmodem-8.26a9.tar.gz

Ekstrak, read manual dan jalankan scanmodem:

[EMAIL PROTECTED] ltmodem-8.26a9]# ./scanmodem

 A supported Lucent/Agere DSP chipset modem is identified:  PCI_ID=11c1:0440
    VENDOR 0x11c1         DEVICE 0x0440
 ID are within the serviced ranges for Lucent/Agere DSP modems:
    LUCENT 0x11c1          0x0440-0x045c
    XIRCOM 0x115d          0x0000-0x000F
    XIRCOM 0x115d          0x0440-0x045c
    XIRCOM 0x115d          0x0010-0x03ff
 Drivers and their compiler kits are available at:
       http://www.heby.de/ltmodem/

Great ! Modem nampaknya disupport linux. Installasi sampai
selesai. Jalankan wvdial, bisa konek ke telkomnet instan,
dapat konek speed 49333 bps !

Namun ada masalah nampaknya. Saya ini sebenarnya akses ke
linux dari laptop toshiba (win98) via null modem (baca:
remote serial console) dan pakai emulator CRT yg support
linux emulator (sayangnya hanya bisa coba sebulan).
Masalahnya adalah koneksi serial dg linux nampaknya bentrok
dg modem internal lucent, rupanya lucent ini mengambil
alih koneksi serial, jadi kalau saya exit, saya tidak bisa
masuk lagi, terpaksa ambil monitor dan keyboard nganggur
agar bisa masuk ke linux.

Apakah rekan-rekan ada yg tahu bagaimana caranya agar
softmodem ini bisa coexist dg koneksi serial console ?
Analoginya begini, kalau koneksi serial ini bisa diatur
so kita bisa tanam banyak winmodem internal di linux
sebanyak card pci yg lowong. Linuxnya nanti jadi
multi serial dg multi winmodem pci :-)...

TIA

-- yudi

PS: Modem PCI (softmodem) sementara saya nganggurkan dulu.
    Sekarang koneksi internet pakai hardmodem internel (isa),
    sayang cuma 33.6 KBPS. Apa ada masih jualan modem ini ?