On Thursday 26 August 2004 20:08, [EMAIL PROTECTED] wrote:
> hub : jika ada lebih dari 2 port yang sedang aktiv (send/receive),
> kecepatannya terbagi sesuai jumlah port yang aktif tsb. & kecepatan dari
> ethernet card yg terkoneksi. Jadi mis. ada 3 port yang aktif & semua
> menggunakan 100Mbsp ethernet, maka speed tran/rec. jadi 100 / 3. Makin
> banyak yang menggunakan resource/port hub tsb secara bersamaan, maka akan
> semakin turun speed nya. Key point: shared ports.

Hmmm.... walaupun ini jawaban yang sering saya baca, tapi setahu saya,
kejadiannya tidak persis begini.
tidak akan pernah mungkin ada lebih dari 2 port (1 koneksi) serentak di HUB.

Yang terjadi adalah: port ke tiga harus nunggu atau re-send, sesuai mekanisme
CSMA/CD.

So, tidak akan pernah ada port yang transmit/receive dengan kecepatan BUKAN
10/100 Mbps (100/3, 100/4, dst).

Jadi, key-point-nya bukan shared ports, tapi CSMA/CD.

> hub sudah discontinue, kalau bilang ada yang jual baru, berarti barang
> bekas / nggak laku / lama, jangan terima..:)

Ah, mosok sih.....

--
Salam,

Adi Nugroho