On 03 September 2004 am 09:10, Harnanto wrote:
> 'IF YOUR ISP IS NOT SUFFICIENTLY COMPETENT, THEY WILL TELL YOU IT CAN'T BE
> DONE'
> he.he.he...itu bukan saya yang ngomong tapi ini:
> https://www.linux-magazine.com/issue/18/DNS_Servers.pdf (109 KB)
> baca terutama bagian 'Reverse DNS'. Prihatinnya, tidak sedikit
> perusahaan, ISP indonesia yang tidak patuh dengan RFC1912 (mengenai
> reverse DNS) ini. Dan parahnya walaupun sudah diajak baik-baik
> kebanyakan nggak mau peduli. Yang penting kan jalan, selalu begitu
> alasannya.
> [...]

Sorry mas Harnanto, saya gak nangkap maksudnya..
Bagian Reverse DNS, point dimananya yang harus diperhatikan oleh para admin
ISP ISP Indonesia ?

RFC1912 saya baca cuma basic tentang record DNS saja.

Mungkin untuk mas Henry Suhatman, karena disitu kamu nulis " Minimal 1 Class C
baru bisa reverse DNS " maka itu salah, karena kamu harus baca yang jelas
mengenai RFC 2317 ..

Terus terang saya akui bahwa banyak sekali ISP - ISP di Indonesia yang masih
belum mengetahui tentang Classless PTR Delegation based on RFC 2317.
Yang jelas ISP saya sendiri pun juga baru tau setelah saya kasih petunjuk
untuk buka RFC2317 .. he he he .. :))

Banyak yang masih belum tau, tapi bukan berarti mereka itu tidak tau loo.
Saya sendiri juga kalau waktu belajar DNS tidak dapat dukungan dan
pembelajaran dari master - master #INDOLINUX seperti Jamal, Reza "chipset"
dan Asfik .. he he he .. saya gak tau ada Classless PTR Delegation ..
Thanks buat itu ..

Sekarang saya mau balik lagi ke topik semula .. pliss donk .. kalau ada
informasi yang bisa taruh record2 DNS pake FreeDNS seperti ZoneEdit.Com
ataupun EveryDNS dll, tapi yang bisa PTR , kasih tau saya ..

Terima kasih sekali lagi ..

Regards,
Rio Martin.