On Thu, Sep 16, 2004 at 05:52:40PM +0700, Andika Arsi Pramono wrote:
> Salam,
>
> Maaf, saya mau tanya tentang mail server dial up :)

Tidak perlu maaf segala, memangnya anda punya salah apa ? :-)

> Saya sudah buat server Qmail, dan di LAN dengan nama domain Saya.com
> ...sudah bisa saling kirim dan menerima baik dari squirrelmail maupun dari
> Kmail....
> Yang ingin saya tanyakan bagaimana setting email supaya bisa keluar yah
> melalui dial up ?
> Btw, saya sudah membeli domain xxx.com, koneksi saya pake
> telkomnet....gimana settingnya yah ? apa yang musti saya lakukan selanjutnya

Kalau koneksinya pakai telkomnet maka smtp servernya kudu pakai smtp server
punya domain anda, karena smtp telkom tidak mau diboncengi email selain
dr domain telkom.net.

> yah ?, apa saya musti daftar di provider yang baru yah ?, kalo boleh tahu
> berapa biayanya yah untuk nyewa provider untuk email server ?

Tulisan di bawah ini sudah pernah saya kirim ke milis ini beberapa hari yl.
Mungkin terlewatkan oleh anda atau saat itu anda belum langganan milis.

1. Install server linux dengan dukungan mail server
   Yang ini sudah ya.

2. Daftarkan domain anda ke internet
   Ini juga sudah.

3. Hosting domain tsb ke hosting provider, kalau khusus email cari mail
   hosting provider yg profesional spt ada antivirus dan antispam. Kalau
   providernya punya layanan domainpop, itu lebih bagus lagi. Anda tidak
   perlu buat account email di providernya, anda cukup buat account email
   di server dialup, jika anda install postfix maka saat transanksi ODMR
   (On Demand Mail Relay), email ke user non exist akan ditolak di smtp level.
   So, anda tidak perlu buang-buang bandwith untuk terima email
   ke non exist user krn langsung ditolak oleh postfix.
   Lho, anda pakai qmail ya ? Ndak apa-apa kalau anda cuma langganan
   satu account mailbox.

4. Konfigurasikan postfix, .fetchmailrc dan koneksi dialup dg benar.

FYI, biasanya hosting yg profesional sudah menyediakan jasa pendaftaran
domain dan sekaligus hostingnya. Terus kalau pilih hostingnya cari
yg koneksi smtp/odmr paling cepat dr koneksi dialup anda. Kalau anda
pakai telkomnet instan untuk dialup ke internet, sama kayak saya,
ya cari providernya yg terletak di bandwithnya telkom. Seperti
hosting provider langganan saya ini routingnya malah lebih pendek
drpd ke mail.telkom.net :-)

Langkah 1-4 ini sama persis dg yg sudah saya lakukan :-).

Saya ada penawaran khusus untuk Mas Andika, teknik yg biasa saya
gunakan adalah (silahkan japri ya):

Server A forward [EMAIL PROTECTED] --> Server B dg AntiVirus & AntiSpam

Server A berlokasi di bandwith internasional atau sembarang.
Server B berlokasi di bandwith telkom, koneksi dialup via telkomnet
akan cepat mengambil dan mengirim email. Server A bisa memforward
beberapa alamat email sekaligus ke satu email account di server B.
Nanti konfigurasi fetchmailrc di linux tinggal ngeset pakai multidrop,
sehingga email-email bisa didistribusikan dg benar ke tujuannya.

Salam

Arief Yudhawarman,

Yang lagi buat mail server dialup untuk smkn 1 situbondo.