saran saya mas,
- kalo HDD masih un-alocated, bisa langsung dibuat
partisinya, dari pengalaman saya, coba belajar dari
REDHAT 8 atau Mandrake 9(relatif mudah), pd proses
partioning gunakan fasilitas Disk Druid.

- pada opsi instalasi dgn minimal 2 partisi, root(/) &
swap, filesistem ext3, atau mau paling bagus buat
database pake reiserfs, 4 GB cukup u/ distro diatas
dan tergantung paket pilihan anda, jangan rubah nilai
default LILO/GRUB(boot manager linux) kalo masih dlm
proses belajar.

- untuk swap selama anda menggunakan RAM > 128, ga
perlu swap 2x ukuran RAM, karena swap fungsinya hanya
pada "awal".

selamat mencicipi