> 3. gimana cara me-non-aktifkan CTRL-C, CTRL-V, CTRL-X (copy, paste, cut) > pada xwindow ?

Kenapa? Kalo sesuatu itu counter-intuitive kemungkinan memang tidak
benar, atau alasannya harus benar2 kuat.

mungkin ini OOT , tetapi IMHO ... ada hubungannya dengan pertanyaan saya.

saya sedang membuat aplikasi intranet.
salah satunya adalah fasilitas opname stok.
untuk alasan security (pencurian) ... waktu opname staff harus memasuukan kode barang dengan barcodescanner pada input field.
Sementara ini saya pakai trik refresh tiap 2 detik. perhitungan manusia tidak mungkin mengetik 12 angka dalam waktu 2 detik.
masalahnya .... staff datat memakai fasilitas cut-paste-copy yg dimiliki xwindow. dan itu dapat dilakukan dengan mudah.

oleh karena itu saya hendak menghilangkan fasilitas keyboard yang berhubungan dengan cut-copy-paste.

> 4. gimana caranya untuk membuat seorang user guest "YANG CUMA BISA (LAIN
> TIDAK)" melakukan hal dibawah ini :
>         1. boot
>         2. login graphic tanpa nama
>         3. komputer secara otomatis menjalankan browser XXX (yang saya
> setting dijalankan melalui xinitrc)
>         4. kalau browser XXX di close, maka secara otomatis akan logout
>         5. kembali ke status nomer 2

Seperti anda bilang, cukup pasang di xinitrc. Jangan gak pake login,
tapi pake login generik aja misalnya user guest password guest. Lalu
di ~guest/.xinitrc (atau .xsession kalo [xkg]dm) isinya gini aja:

        firefox -height ... -width ... &

Tak usah yg lain2, jadi begitu isi xinitrc selesai dijalankan ya
langsung dia bye bye.

lalu proses "force to logout" nya ?? .. saya terhenti disini ... .. dan blank :((

Dan sekalian nanya kalau gitu :))

berhubung firefoxnya saya setting full screen (jadinya aplikasi tsb nanti akan bersifat seperti KIOSK mode).
maka firefox tsb akan tampil telanjang. dalam arti tidak ada frame window (no icon, no title, no .......).

gimana mem-force ... supaya kombinasi key yang ada pada xwin dan firefox nya disable.
IMHO ... saya harus mengedit firefoxnya ... sigh ....

tetapi siapa tahu anda punya ide yang lebih bagus ??

thnxx