On Tue, Nov 23, 2004 at 02:44:48PM +0700, Harnanto wrote:
> Contoh sederhana saja, kalau mau bikin proxy server pakai squid itu
> kan semestinya gampang banget dan running well tapi coba saja tunggu
> sampai usernya banyak entar kan muncul error 'file
> descriptor...blah.blah.blah..'

contoh ini melantur :-) squid bukan mailserver. anyway,
setiap sistem pasti ada limitasinya. memangnya ada proxy
server yang tetap anteng kalau user semakin banyak?
kalau ingin yang seperti itu terbang ke bulan saja.

saya tantang anda untuk menunjukkan apa ada sistem dengan
skalabilitas horisontal yang tanpa batas.

untuk masalah squid (descriptor limit) di atas gampang
solusinya, tidak perlu pakai komitmen segala. masalah itu
mah sudah jadi cerita buat anak-cucu saya. stop spreading FUD.

> Saya bukannya gak suka dengan unix/linux tapi sejalan dengan
> berjalannya waktu memang saya pilih pemikiran yang lebih pragmatis dan
> realistis saja.

milis ini membahas tanya jawab seputar linux, bukan linux
advocacy. masalah (seputar linux) ya pasti ada saja, justru
itu diadakan milis tanya jawab. bukan untuk cari-cari kelemahan
sistem tertentu.

Salam,

P.Y. Adi Prasaja