On Thu, 25 Nov 2004 13:57:57 +0700, Dhismas W <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Dear all,
>
> Saya pemula dalam hal wireless dan linux.
> Saya mempunyai pertanyaan seperti ini.
> Asumsi saya punya 1 router yang terhubung ke isp,
> dan menggunakan ip publik. Saya punya 16 ip publik.
> Dari router ini saya hubungkan ke sebuah access point
> yang mempunyai ip 192.168.0.1. Dari access point ini
> terhubung 10 client.

IP 192.168.0.1 digunakan AP sebagaimana dia menjalakan fungsi
router/gateway atau hanya sebagai IP untuk managent AP

> Pertanyaan saya, apakah salah satu client tersebut
> dapat kita berikan ip publik?
> Maksud saya apakah bisa 1 buah access point melayani
> client dengan ip yang bermacam-macam?

Ya bisa jika AP dengan fungsi router dan support untuk alias
Interface, jika tidak set AP sebagai bridge mode, alias NIC yg menuju
ke AP pada router dengan IP public dan Private

> Pertanyaan saya ini muncul ketika membayangkan sebuah
> isp wireless memberikan koneksi ke clientnya.
> Ada client yang dapet ip 192.168.x.x, tetapi ada juga client
> yang mendapatkan ip 202.46.x.x.
> Nah pertanyaannya, apakah kedua client ini dapat dilayani
> oleh access point yang sama?

Yang memberikan IP bukan si AP tapi si Router dibalik AP, dan AP bridge mode

--
Regards'

-- Cahyo