On Monday 06 December 2004 07:11, Harnanto wrote:
> Menurut saya bisa dengan gabungan antara asumsi b/w yang bisa didapat
> oleh satu orang user jika konek internet melalui dialup (anggap saja
> 28.8 kbps) dengan data realisasi utilisasi bandwidth yang ada sekarang
> (dari MRTG) dan juga dengan jumlah koneksi concurrent yang melalui
> gateway anda.
> Akan lebih membantu untuk justifikasi jika anda bisa minta kepada ISP
> untuk melepas sementara batasan bandwidthnya dengan tujuan untuk
> mengetahui berapa sebenarnya bandwitdh yang terpakai (bisa dilihat di
> MRTG). Lalu tinggal dicari titik ekonomisnya atau titik dimana
> [...]

Kalau user - usernya dijadikan kelinci percobaan tapi bandwidthnya diloss dan
kualitas bandwidth ISPnya 1:1, wah seneng betul dia .. :))
Network saya sendiri sudah pernah coba, loss kan semuanya. Baik network kampus
ataupun warnet rasanya sama saja. Namanya user, apalagi yang rakus download,
bandwidth dikasih berapapun gak akan cukup.

Dan rasanya bandwidth sampai dengan 2Mbps pun saya yakin bisa dihabiskan oleh
seorang user saja. Saya sendiri sudah pernah mencoba Pak :))

- Rio.Martin -