On Fri, 10 Dec 2004, dadang haryadi wrote:

> Aku pakai senao untuk outdoor jaraknya Cuma 2 km, koneksinya sering putus2.
> Padahal udah ganti2 modem tetep aja masih belum normal. Sampai pusing gue.
>
> Ada solusi ?

sepengetahuan saya AP bukanlah satu2-nya penentu kualitas jarak koneksi.
faktor berikut juga menentukan :
1. letak geografis (tinggi rendah lokasi,gedung tinggi,pohon2 dll)
2. kondisi spot (daerah nya masih bersih atau sudah crowd) karena
frekwensi 2,4 kan dipakai rame2 serta free,mungkin aja ada AP-2 lain yang
mengganggu/memotong signal AP anda.
3. pake booster untuk penguat (melanggar UU) untuk menguatkan/memenangkan
signal anda.
4. pointing antenna, (lebih baik kalau pake GPS).

btw modem-nya dipake buat apa pak?

semoga membantu :)