----- Original Message -----
From: "Arief Yudhawarman" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <tanya-jawab@linux.or.id>
Sent: Tuesday, December 28, 2004 10:51 AM
Subject: [tanya-jawab] OS proxy server squid, pilih freebsd atau linux

> Hai milisers,
>

> Asal tahu saja, selama ini saya setia pakai redhat, saya ikuti releasenya
> dari versi 5.0, 6.0, 6.1, 6.2, 7.3 dan sekarang mau coba versi 9.x.

Tapi udah mulai lirik-lirik calon pasangan baru di milis sebelah ;-). j/k.

> Saat ini saya mau install proxy server squid dg beban traffik yg
> cukup tinggi, ada sekitar 50 client yg akses squid ini nantinya.
> Di kantor ini saya pakai squid, namun hanya untuk melayani client
> yg cukup kecil, 3 - 5 client. Belum pernah saya install squid untk
> melayani client yg cukup besar dg trafik I/O yg besar pula.
> Yang ingin saya tanyakan di sini adalah bila saya disuruh memilih
> di antara beberapa pilihan OS di bawah ini, mana yg anda sangat anda
> [...]

Untuk 50 client si kelihatannya ga akan kelihatan bedanya. Dan ketika client
anda meningkat ke jumlah ribuan conn per sec, uplink bandwidth anda akan
saturated jauh lebih cepat dibanding memory atau harddisk I/O anda,
percayalah ;-).
Tapi saya baca-baca squid+softupdate sangat bagus.

> Dan untuk cache dns-nya squid, bagaimana sebaiknya ?
>
>   1. Install dns cachenya bawaan squid
>      (yakni cache_dns_program /usr/lib/squid/ )
>   2. Install dns cache sendiri pd server yg sama pakai djbdns
>   3. Install dns cache sendiri pd server yg sama pakai bind
>      (bawaannya distro)
>   4. Squid query DNS langsung ke DNS ISP atau mesin lain yg
>      bertindak sbg cache dns.

Dedicated DNS server di mesin lain tapi masih di LAN yang sama, terkoneksi
dengan gigabit ethernet ;-).

Rgds,

Rizky Prasetya