Yth Rekan Milis,

Misalnya saya punya 1 blok ip public kelas c
202.12.31/24

nah selain itu saya juga punya 1 buah jaringan private
10.0.0.0/8

misalnya saya membuat gateway pada sebuah komputer dengan ip: 202.12.31.1
dan komputer tersebut memiliki 3 buah nic, yaitu 202.12.31.1 [eth0]
langsung ke ISP (via leased line). Selanjutnya dari eth1 akan di switch
sehingga ada sebuah DMZ dengan ip public 202.12.31/24.

Selanjutnya untuk eth2 memiliki IP Address 10.0.0.1 yg digunakan sebagai
gateway dari private lan ke internet [menggunakan iptables (nat)].

Pertanyaannya adalah: untuk eth1 jika saya menggunakan IP Address
202.12.31.2, untuk server yang ada di DMZ gateway-nya harus saya set
berapa? Dan apa yang harus saya lakukan pada eth1 agar dia dapat dijadikan
gateway untuk DMZ.

FYI: kebijakan routing dari ISP adalah untuk semua paket yang menuju
         202.12.31/24 akan di forward ke 202.12.31.1

--
This is my signature.