----- Original Message -----
From: "dv0r4k" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <tanya-jawab@linux.or.id>
Sent: Friday, February 11, 2005 6:25 PM
Subject: [tanya-jawab] OS Backup Linux

> Linuxer,
> Numpang nanya pengalaman mas-mas sekalian, gimana recovery-nya pas
> linux crash. Anggaplah data file kita udah keurus dengan 3rd party
> software, jadi tugas admin tinggal recover OS-nya aja. Bagaimana
> proses-nya (steps), lalu kira-kira2x downtimenya brapa lama?
>
> sekalian tips & tricks gimana OS yang di recover itu sama 'plek'
> dengan OS yang crash.

Punya tool apa? tapedrive? CDRW?
Kalo pake tapedrive:
0. buat backup MBR dan tabel partisi, man dd
1. backup partisi "system" daily, gunakan tar jangan dd
2. beli satu copy livecd
prosesnya
0. ganti/maintenance hardisk yang fail
1. boot via livecd
2. recover MBR dan tabel partisi dari backup dengan asumsi harddisk identik,
atau buat partisi manually
3. recover partisi dari tapedrive

kalau punya CDRW bolehlah pakai mondo. google keyword: mondo disaster
recovery atau mondo bare metal recovery.

Ga punya tape atau CDRW? yang penting buat snapshot dari partisi DAILY dan
disimpan. selebihnya relatif sama.
Lebih gampang lagi kalo bisa beli harddisk yang identik sama dua biji, lalu
pasang software RAID level 1. Satu harddisk crash kita masi punya backup
satu biji. baca RAID-related howto.

Tapi pengalaman real saya si reinstall sistem. Ini bener terjadi, karena OS
yang  terinstall juga versi lama, jadi harddisk crash jadi yang baru yang
sekalian aja jadi upgrade distro. data dan software proprietary selalu
dipisah partisinya tersendiri (yes ur right, /home), jadi recovering cuma
satu partisi aja. downtime sekitar dua jam, ga termasuk travel. Kalau pake
cara di atas saya yakin ga terlalu lama downtimenya.

HTH,

Rizky Prasetya