On Tuesday 15 February 2005 02:48, Rist. Andy Nugroho wrote:
> ++ kalo akhirnya dijalanin di harddisk IMHO bukannya gak akan jauh beda ama
> install nocatauth + radius-patch ?

Koreksi sedikit, yang di CD itu cuma Nocat Gateway saja, Authentication sama
billingnya ada di server mereka.

> [...]
> radius server di 1 PC sepertinya bisa lebih luwes kostumisasinya dan lebih
> seru ngopreknya.
> IMHO kalo tujuannya membantu temen-temen yg baru belajar, bagi newbie
> termasuk saya sepertinya lebih milih kalo bikinin dokumentasi instalasi
> kayak model lifewithqmail lah ... dgn begitu kita-kita yg lagi belajar
> enggak nubruk-nubruk cari manual yg sulit didapat dan proses belajar lebih
> terarah, dan kita enggak termanjakan karena sudah di-oprek-in dan
> di-kemas-in dgn produk-jadi-tinggal-copy-dan-pakai.

Kalau yang senengnya ngoprek, pasti sekarang sudah gatel tangannya bikin
NocatGW terus dioprek2 untuk pake billing tetap dari mereka.

> [...]
> maupun pasca-bayar dan meski blom selesai udah bisa jalan. yg belum
> berhasil saat ini saya pengen nampilin jam pemakaian dan sisa jam pemakaian
> (dari query ke database radius di table radacct) supaya nampil di pupup
> saat proses re-auth user tsb
> file renew.html  dan file-file lain saya coba uthek-uprek sampe lama blom
> nemuin solusi.
> Mas Rio udah pernah bikin yg ginian? caranya gimana yah utk nampilinnya?
> terus terang saya cuma ngerti dikiiiiiit banget soal perl. hints, saran,
> masukan saya harapkan sekali, terbuka juga utk rekan yg laen ...

Apalagi saya, untuk bikin billing kayak gitu, mesti berguru dulu sama yang
jago programming. Maka dari itu nyerah saya .. he he he :))

Kalau sekedar auth sama authorize mudah koq. Pas accountingnya memang butuh
pengorbanan banyak, pengorbanan nyari guru, ngoprek, sama waktu :p

- Rio.Martin -