Halo coba

1. Dikantor saya ada jaringan yang collision..... itu biasanya karea apa ya?
Banyak penyebab terjadinya collision antara lain :
- Jaringan LAN anda menggunakan half duplex yaitu hanya satu host saja yang dapat mengirimkan data pada satu waktu,jika ada host lain mencoba mengirimkan data maka akan terjadi collision,biasanya ini memang terjadi jika kita memakai hub dalam mengubungkan beberapa host karena hub tidak membagi network segement menjadi collision domain tersendiri, jika ada 10 host terhubung ke hub maka itu adalah satu collision domain, jika kamu menambahkan satu host lagi ke hub tersebut maka jaringan anda akan semakin lelot karena hub yang merupakan layer 1 (OSI Model) akan meneruskan semuanya yang dilewatkan ke hub ke host2 lainnya.lain halnya dengan switch (layer 2 pada OSI model), switch membagi network segment menjadi collision domain tersendiri, atau dengan kata lain bandwithnya tidak dipakai oleh host yang lain (jumlah collision domain yg dapat dibuat switch = jumlah port yang terdapat pada switch tersebut). - type media (jenis kabel) yang digunakan (Coaxial, UTP, Fiber)
- Topologi jaringan yang digunakan.
- dll
2.Gimana cara untuk mendeteksi collision? - ping, mrtg (untuk memonitor traffic jaringan), atau sniffer pro (diwindows mungkin ada versi untuk linux ?)
3. Kalau kabel hub to hub, bagaimana cara membedakan apakah di pakai kabel
cross atau kabel straight?
hub to hub dengan crossover cables.straight dan crossover cables pemasangan pada RJ-45 connector harus sesuai dengan standar EIA/TIA-T568-A atau T568B, coba download ppt dibawah ini untuk melihat perbedaannya http://iws.ccccd.edu/sbutler/ccna1ppt/ccna1_mod5_gw.ppt
Untuk kabel straight, gunakan untuk pengkabelan dibawah ini :
- switch - router
- switch - PC
- Hub -PC untuk kabel crossover (biasanya u jenis device yg sama),gunakan untuk pengkabelan dibawah ini :
- switch-switch
- hub-hub
- swich-hub
- router-router
- pc-pc
- router-pc

4. Ada beberapa hub/switch merk d-link di kantor saya yang sering hang
portnya. tapi begitu dimatiin
dan dipindah keport yang lain yang kosong. baru koneksi jalan lagi. itu
karena apa ya?
- Coba sesuaikan dengan standar EIA/TIA diatas untuk kabel UTP yg terpasang pada connectornya (RJ-45) pada kedua sisi,
mungkin urutan pemasangan tidak sesuai standar diatas atau tidak tepat.

regards,

suwanto

coba wrote:

Selamat siang,
Saya ada pertanyaan buat pakars linux. semoga mau menjawab pertanyaan saya
yang oot.
karea di kantor saya sedang ada masalah
Saya ada 4 pertanyaan :

Terima kasih.