----- Original Message ----- From: "fajar tw" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <tanya-jawab@linux.or.id>
Sent: Friday, March 18, 2005 8:59 AM
Subject: [tanya-jawab] Client dengan ip public

salam...
saya mohon bantuannya dari kawan kawan semua, saya
dikasih 16 ip public dari isp tempat saya
berlangganan, saya ingin memakai ip tersebut di
komputer client, apa saja yang harus di setting pada
linux router agar masing masing pc client tersebut
dapat keluar dengan menggunakan ip public, sebelummnya
saya sudah coba menggunakan ip local untuk masing
masing komp tersebut dan berhasil, saya juga sudah
berusaha, tetapi ip yang keluar ke internet tetap ip
router saya, bukan ip client :((

terimakasih atas pencerahannya

Harus di setting di linuxnya, agar inside/outsidenya menggunakan IP tersebut (public), contoh :
iptables -t nat -I PREROUTING -p tcp -m tcp --syn -d 202.x.x.1 -j DNAT --to 192.168.0.1 --> ini agar client 1 dengan ip privert 192.168.0.1 dapat di akses dari luar
iptables -t nat -I POSTROUTING -p tcp -m tcp --syn -s 192.168.0.1 -j SNAT --to 202.x.x.1 --> ini agar dari client 1 menghasilkan IP public 202.x.x.1

Silahkan buat rule tersebut sebanyak 13x untuk 13 PC :)
dan client di beri IP gatenya ke IP privert linux

Semoga berhasil...
Salam,
Angky