On Thu, Mar 24, 2005 at 09:20:07AM +0700, Dadang Haryadi wrote:
> Saya lagi coba ubuntu nich, lumayan juga. Asyik ada mainan baru.
> Cuma saya masih bingung kalau mau buat file binary dari tar.gz, soalnya aku
> mau coba samba yang terbaru versi 3.0.12 sementara yang ada masih versi
> 3.0.7 gimana caranya yach. Tolong donk.
asumsi pertama jika program yang ingin anda pasang disertakan oleh Debian
(stable, testing atau unstable):
pengalaman saya make ubuntu dan install "yang terbaru" dari debian
unstable:
- kunjungi http://www.debian.org/distrib/packages
- pada "Search package directories" cari nama paket yang diinginkan. pilih
distribution unstable (jika ingin terbaru), pilih "Source package name". Paling
tidak yang dibutuhkan adalah package-name.dsc, package-name.orig.tar.gz, dan
package-name.diff.gz

contoh hasil pencarian samba di unstable:
http://packages.debian.org/cgi-bin/search_packages.pl?keywords=samba&searchon=sourcenames&subword=1&version=unstable&release=all

install paket-2 development yang dibutuhkan untuk kompilasi. Anda bisa
mengambilnya secara manual (download satu-2) atau dengan bantuan
apt-get bila tersambung kei internet, sehingga bisa secara otomatis
diambilkan paket-2 development yang dibutuhkan dan kemudian di
kompilasikan. Sepertinya mirip Gentoo yah?:-) tp, aku ndak pernah make Gentoo,
jadi tidak tahu perbandingannya di debian, untuk mengubah configure untuk make,
bisa diubah pada berkas rules. Tentu saja, jika Anda tahu apa yang Anda
lakukan).

referensi:
http://qref.sourceforge.net/Debian/reference/ch-system.en.html#s-sourcebuild

Asumsi kedua jika program tidak tersedia di repository debian:
install paket checkinstall, dan Anda bisa mengubahnya ke .deb (atau .tgz
untuk Slackware dan .rpm untuk berbasis RH)

--
Program Diploma Teknik Elektro
Universitas Gadjah Mada

http://jaya.duniasemu.org