On Thu, Mar 31, 2005 at 11:25:29PM -0800, Ery Atmodjo wrote:
> DH
>
> Di tempat saya ada beberapa subnet, dengan gateway
> server rh9, transparent proxy dengan
> squid-2.5.stable1-s. Ada satu subnet yang agak
> janggal.  Client nya pada tidak bisa akses yahoo mail.
>  Kalau coba browsing ke mail.yahoo.com, halaman yang
> tampil adalah my yahoo.  Padahal di semua subnet lain
> tidak ada masalah dengan ini.  Saya sudah coba clear
> and rebuild cache dengan webmin, tapi hasilnya masih
> sama.  User yang di wilayah subnet bersangkutan selalu
> pindah ke workstation yang ada di gedung di subnet
> [...]

Ada tiga cara pemecahan masalah :

  1. hapus isi cache browser di client yg bermasalah.
  2. apakah ada isian proxy setting di browser client yg
     bermasalah ? Karena squidnya transparent, sebaiknya
     kosongkan saja isian proxy setting ini.
  3. access_log squid ada dan diaktifkan kan Pak ?
     Coba dilihat isi log access_log tsb.
  4. Monitor langsung akses client yg bermasalah tsb dg
     ngrep (makhluk apa ini? Cari di google) dg perintah
     sbb (harus sbg root):

     # ngrep -i user-agent host 192.168.0.x and dst port 80

    dimana 192.168.0.x adalah ip client yg bermasalah

Semoga berhasil.

Salam

~yudi