dear all,
saya pake kubuntu 5.04. kemarin karena muter dvd putus2, dianjurkan
untuk seting dma menjadi on. udah agak sembuh, tapi masih kurang
smooth. biar nggak ngetik2 di konsole saya coba edit hdparm.conf saya
tambahkan baris:
/dev/cdrom {
             dma=on
             interrupt_unmask=on
             io32_support=0
             }
/dev/dvd {
             dma=on
             interrupt_unmask=on
             io32_support=0
             }

pas boot keluar error: unknown option /dev/cdrom dan pas dicek belum
hidup dmanya. terus parameter di atas saya kasih #. saya ganti ngedit
yang di bawahnya, saya tambahkan baris:
command_line {
             hdparm -d1 /dev/cdrom
             }
command_line {
             hdparm -d1 /dev/dvd
             }

pas boot juga masih keluar error sama: unknown option /dev/cdrom. apa
maksudnya error di atas? kalo ketik di konsol $sudo hdparm -d1
/dev/cdrom bisa. terus kalo mau nguji konfigurasi bener apa nggak
gimana ya? kemarin saya boot komputernya. terima kasih banyak
bantuannya.

--
so