Salam damai
1. Saya mau tanya tentang manajemen file harddisk di linux buat warnet
   Dulu kalo di windo**, saya membagi harddisk menjadi dua partisi
   C:\     8 giga (sistem)
   D:\    12 giga (buat user nyimpen file)
Sekarang ada rencana untuk migrasi ke OS linux, tapi saya masih bingung untuk manajemen file, karena struktur file di linux berbeda dengan punyanya windo**
   Saya butuh masukan dari rekan2 milis untuk manajemen file
   misal
   untuk /root : 200 mb
   /home berapa?
   /var berapa?
2. adakah software seperti deepfreeze buat linux?

sebelumnya, Terima kasih atas saran dan masukan dari rekan-rekan