On Mon, May 23, 2005 at 12:10:08PM +0700, Asfihani wrote:

> Sabar Pak Yudi :-)

Yah untungnya berlangganan mail hosting yg pelayanannya baik,
sehingga dalam satu hari ini bisa terselesaikan.

> Kalau suatu domain tidak punya MX tapi mempunyai resource record (RR) A
> yang valid, maka record tsb otomatis dijadikan sebagai MX-nya.
> Selengkapnya monggo dipun waos RFC2821 (Simple Mail Transfer Protocol),
> bagian 5 Address Resolution and Mail Handling.

Sekalian tanya, bila suatu saat nanti mail server postfix yg saya pakai
ini (sementara ini email keluar dilempar ke mail server gateway) konek
langsung ke internet sehingga tidak memerlukan mail relay, apakah secara
default postfix akan langsung mengenali alamat smtp tujuan bila tidak ada
data mx record untuk domain tertentu ?

TIA,

~yudi