On Saturday 28 May 2005 19:20, daku daku oge wrote:
> Linuxers Tanya Jawab Yth...
>
> Saya emmpunyai warnet dg 35 clients, dimana Servernya
> menggunakan Linux Mandrake 9.0 dan seluruh Clients nya
> menggunakan Mindows XP. 10 diantara clients tersebut
> sebagai games centre dan utk  billing menggunakan
> server sendiri berbasis Mindows Xp.  Dg tambahan
> fasilitas Printer, Backup Data, Scanner yg semua
> berbasis Mindows XP.
Untuk menjalankan game MS windows, bisa dengan wine
atau wineX. Dengan catatan game yang digunakan adalah
game resmi, bukan game bajakan.

Driver NVDIA dan driver ATI, untuk grafik card bisa didapat
di website masing-masing.
> (server difungsikan hanya sebagai
> gatewayy/firewall) ke koneksi ISP. saya memakai
> IPTables (rc.Firewall)
> Semua Clients hardwarenya Pentium 3 (kecuali games P4)
> Server P4 1,8 GHz.
>
> Saya sedang melakukan Migrasi dr Mindows tersebut ke
> LInux (utk distro saya masih mencoba Fedora 2.0 dan
> Mandrake 10)
>
> Nah ada pertanyaan dr saya seputar Migrasi ini antara
> lain:
>
> 1. Distro Linux apa yg paling familiar dg end user??
1. Yang paling mudah digunakan. cth: Mandriva, fedora, Xandros, dll.
tapi distro dengan  KDE 3.3 keatas akan lambat jalannya pada
Pentium 3 + 128 M memory. CMIIW

Saran saya untuk Komp P3 diinstall distro yang agak tua,
misalnya debian 3.0, slackware 9.1, redhat 8.0 dll. CMIIW

> 2. Bagaimana perubahan konsep di Servernya agar saya
>    bisa menjalankan printer dll?
2. CUPS, LprNG. Silahkan periksa manual masing-masing
> 3. Utk Sharing file antar linux maupun ke Mindows?
>    samba NFS dll? bagaimana mengkonfigurasinya apa di
>    set di servernya?
3. silahkan periksa Manual masing-masing
> 4. Bagaimana pula apabila saya tetap memakai Mindows
> XP
>    utk pusat backup data clients (scanner, printing
>    server & backup CD)? Kalau saya alihkan ke Linux
>    bagaimana yaa?
4. back-up data? tidak masalah, misalnya pakai rsync, scp
> 5. Ini salah satu pertanyaan paling penting saya,
>    karena Billing kami berbasis Mindows.. dimana saya
>    bisa mendapatkan Billing berbasis Linux? yg lengkap
>
>    fasilitasnya mulai utk user umum, member, item2
>    barang jualan, scan, print dll???
>    Apa nama Billingnya?
5. ada kok biling untuk linux, tapi saya lupa links-nya
coba cari di google.
> 6. Aplikasi Warnet yg saya gunakan: Browser, Chatting
>    (YM, MSN, MiRC) WebCam, Printing, Scanner, Backup
>    Data, Download, Backup lewat FlashDisk.
>    Nah apakah semua fasilitas tersebut tetap bisa saya

browser: opera, dillo
Download: kget, wget, gftp, sftp
Back-up: rsync, scp
Printing: CUPS, LprNG
Chatting: ada, tapi saya lupa namanya. tapi bisa kok pakai (MiRC + wine)

terima kasih sama-sama

- --
salam,
muhammad muntaza