> Rekans,
>
> Setelah berhasil dengan Gnokii... ada beberapa pertanyaan seputar SMS ini.
>
> apakah sudah ada aplikasi dibawah linux u/ SMS auto responder ?
> Contohnya :
> + autoresponder 9949
> + autoresponder kuiz lion air
> + autoresponder sms AFI

++ saya pernah nyobain bisa dgn sedikit trik tentunya. secara garis besarnya
gini :
install smsd bawaan dari source/tarball nya gnokii dgn modul mysql.
bikin script (saya pakai perl) jalanin via cron dgn interval waktu yg anda
tentukan utk query ke table "inbox" di database "sms".
dari hasil query kemudian ambil nilai "number" (yg berisi no hp pengirim)
dan ambil "text" (yg berisi text sms-nya).
parse string yg ada didalam "text", lakukan validasi, jika cocok dgn pola yg
anda tentukan kirim informasi yg anda mau berikan dgn cara insert "number"
dan "text" balasan dan informasi laennya (lengkapnya `desc outbox`) ke table
outbox.
secara berkala si-smsd dgn sendirinya akan mengirimkan informasi tsb jika
melihat field "processed" di table outbox masih bernilai "0".

salam,
-rianu-