++ dulu saya pernah ngalamin spt ini disebabkan krn queue qmail yg gak beres
setelah sempat mati tanpa shutdown.
baeknya matiin dulu bentar qmailnya , benerin queuenya bisa pakai 'queue
fix' atau re-create ulang queue.

salam,
-rianu-
Om, Andy bisa kasih tau cara stop qmail? karena saya tau nya untuk start qmail bisa pake command "init q" apakah bisa dengan command
svc-stop pop3d & svc-stop smtpd ??
trus untuk up-in qmail lagi bisa dengan command svc-start pop3d & svc-start smtpd??

btw saya tidak menemukan program "queuefix" di computer saya, jadi bgmana cara re-create ulang queue nya?

Thanks b4