----- Original Message ----- From: "Rizky Prasetya" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <tanya-jawab@linux.or.id>
Sent: Wednesday, July 27, 2005 10:53 PM
Subject: Re: [tanya-jawab] Apache hang > menghabiskan memory dan swap

----- Original Message ----- From: "Nur Hidayat" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <tanya-jawab@linux.or.id>
Sent: Wednesday, July 27, 2005 11:05 AM

Dear all,

Msh blm selesai jg soal apache nih, berikut ini beberapa catatan log dan
command yg sempat saya ambil saat linux udh mulai "jalan merangkak".
Tolong donk, kalo bs ada yg ksh tau kira2 penyebab nya apa.
Saya udh tambah swap, jadi 2GB an, ternyata swap pun hampir dilahap
semuanya. Pdahal setting apache sudah saya set lebih kecil dari defaultnya

----- End Original Message ----- Sayang sekali anda lupa untuk menyertakan dua logs yang paling penting yaitu
access log dan error log.

BTW, coba di cek dari access log apakah koneksi yang established terjadi
dengan tipe proxy ke arah target port 25, typical log seperti ini:

apabila benar ada log seperti itu, maka webserver anda dipergunakan sebagai
mail open proxy/relay untuk menyebarkan SPAM.

Terima kasih atas info nya soal spam, semoga saya tidak mengalami hal itu, ada cara untuk mencegahnya ? Masalah apache, kemungkinan webserver saya terkena DoS attack, entah dari virus atau apa menurut info dari pak anton. Kemudian saya update SuSE dan benar ada security patch utk apache. Setelah di patch,dari td malem server jalan lancar, walaupun penggunaan memory msh boros, swap full kepake, tp saya msh bs remote login. Semoga g ada serangan lagi, no more errors cause I've got better things to do than fixing a system :p

            total       used       free     shared    buffers     cached
Mem:          1010        846        164          0          6         38
-/+ buffers/cache:        801        209
Swap:         2321        684       1637

Kalo ada saran soal setting apache, saya sangat harapkan.
Wassalam