Arief Yudhawarman said the following on 09/08/05 4:18 PM:
On Mon, Aug 08, 2005 at 04:21:40PM +0700, m4z3 wrote:

Hai,

Ada yg punya script atau tutorial
utk menghitung berapa lama kita koneksi
internet dg dialup, supaya saya dpt
mengontrol pemakaian internet saya per bulan.
Klo nggak dibuat sperti ini bisa2 tagihan telpon
bisa2 bengkak. Klo udah browsing lupa waktu tuh.
FYI, saya menggunakan [EMAIL PROTECTED] utk
koneksi internetnya dan Ubuntu utk OS-nya

Halo,

Sebenarnya saya sudah ikuti diskusi ini dr awal antara
Anda dengan Mas Rianu. Saya memberikan solusi lain
yg semoga bisa memenuhi kebutuhan Anda.

Saat ini kantor saya pakai slack 10, koneksi ke
internet pakai dialup ke telkomnet instan. Saya buat
script bash sederhana untuk koneksinya. Setiap kali
koneksi selesai akan ada pencatatan (masuk ke MySQL)
user yg mengkonekkan, mulai dan akhir koneksi, serta
terakhir lama koneksi. Selain dijalankan via shell
prompt, koneksi dialup ke internet bisa dijalankan
via web, khusus untuk user yg tdk punya akses ke shell.
Dari interface web bisa diketahui berapa lama pemakaian
akses internet user ybs, total pemakaian telkomnet
instan dalam selang hari tertentu. Jadi kita punya data
perkiraan kasar dalam 1 bulan kira2 akses ke telkomnet
instan habis berapa. Biasanya saya makai dialup hanya
untuk cek email, kalo untuk browsing dan download program
lari saja ke warnet punya teman, mumpung gratis :-).

Nah, khusus untuk pemecahan masalah yg anda hadapi
saya akan beri petunjuk yg hampir sama dengan Mas
Rianu, cuman agak beda dikit. Anda akan tahu jika
membaca script saya di bawah ini.

OK, saya pakai slackware 10. Di slack, script yg akan
dijalankan saat koneksi dialup on adalah
  /etc/ppp/ip-up
Script yg akan dijalankan jika dialup off adalah
  /etc/ppp/ip-down

Beberapa distro seperti redhat biasanya kita buat script
sendiri dg akhiran/suffix ".local" spt ip-up.local
dan ip-down.local.

Isi scriptnya seperti ini:

/etc/ppp/ip-up:

  #!/bin/sh
  #
  PATH=/usr/bin

  # Catat Waktu Awal Koneksi
  date +'%Y-%m-%d %H:%M:%S' > /tmp/ppp/STARTTIME

/etc/ppp/ip-down:

  #!/bin/sh
# PATH=/usr/bin

  # Baca Waktu Awal Koneksi
  read STARTTIME < /tmp/ppp/STARTTIME
# Catat Waktu Akhir Koneksi
  STOPTIME=`date +'%Y-%m-%d %H:%M:%S'`
# Variable environment pppd
  # Baca man pppd untuk info detail
  # CONNECT_TIME : Menyimpan besaran lama koneksi
  # BYTES_SENT   : Menyimpan jumlah bytes yg diterima
  # BYTES_RCVD   : Menyimpan jumlah bytes yg dikirim
# Catat waktu pemakaian koneksi ke mysql
  echo "insert into logs (starttime,stoptime,ctime,brcvd,bsent) values \
    ('$STARTTIME','$STOPTIME',$CONNECT_TIME,$BYTES_RCVD,$BYTES_SENT,'')" \
    > /tmp/ppp/query.sql
  mysql -u internet -pinternet internet < /tmp/ppp/query.sql

Oya kedua script tadi harus dichmod 755.

Happy scripting :-)

Salam,

~yudi

Akhirnya Mas Yudi nge-reply email saya juga. Karena saya pernah baca
posting emailnya Mas Yudi ttg "eksekusi /etc/ppp/ip-down setelah link ppp0 down" tapi di pemabahasan email tsb nggak dibocorin script-nya tuh.

Terimakasih semuanya yg sdh nge-reply email saya. Saya akan coba semuanya.

--
m4z3