----- Original Message ----- From: "Farhan" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <tanya-jawab@linux.or.id>
Sent: Thursday, August 18, 2005 12:27 PM
Subject: RE: [tanya-jawab] Mau Migrate MS Exchange ke Linux Bagaimana ya....???

Terimakasih atas saran2 dari Mr. Angky , Mr Arko Sasongko, Mr Setijo Agus
and Linux Mania.
Email Server kita pakai Exchange ver 5.5 Base on Windows 4.
Selain kita diserang sama Virus dan Junk Mail alasan yg mendasari kami ingin
pindah ke linux:
1. MTA services di server sering Down. Setelah saya cari informasi sana-sini
mereka yg expert di exchange memberikan informasi bahwa itu adalah salah
satu kelemahannya Exchange 5.5.
Untuk mengatasi itu kami harus mengupgrade ke Exchangenya 2000. Berarti kami
harus beli lagi license exchange yg baru.
2. Exchange tidak bisa membackup personal folder yg ada diserver. Jadi kalau
servernya mati kami banyak kehilangan data.
3. Kita sudah kelebihan user license di exchangenya. Hawatir dikejar-kejar
MS.
Demikianlah alasan kami.
Solusi dari Mr Angky sangat bagus tetapi Server kami sudah parah kondisinya
jadi saya pikir jadi tanggung.
Mr. SETIJO AGUS [EMAIL PROTECTED] terima kasih atas infonya saya jadi makin
PD ke Linux Platform.

Regards,
Farhan.

Kalo emang terbentur OS dan waktu, ini ada paket buat Mail server yang lumayan
komplit, dimana MTA menggunakan qmail, sudah ada rbl, spamassasin, clamav,
horde, SASL, mailinglist dan maintenance-nya juga mudah karena via web.
patut dicoba juga nih
http://contribs.org/modules/news/

Tapi mungkin harus adduser lagi, gimana kalo 1000 user :(
Tapi saran saya, tetap depannya pake postfix :-) biar bisa pake Postfix:Internal
Routing Deliver

Semoga membantu

Salam,
Angky