On Thu, Aug 25, 2005 at 06:46:06PM -0700, endyk wrote:
> sebenarnya beda novell, linux, windows itu kan
> protocolnya, kalo novell pake IPX/SPX, linux pake
> TCP/IP, kalo windows pake NetBios. Cuman secara
> universal, mereka semua support dan bisa diset dengan
> menggunakan TCP/IP.
>
> Sebenarnya saya msh kurang ngerti mslh "menyamar" yang
> Anda maksud disini, kalo cuman Linuxnya bisa
> dikonekkan dari station yang udah di set Novell, ya
> tinggal diinstall aja "IPX/SPX Service Over TCP/IP"
> miliknya Linux, udah deh aman.

Maaf kalau saya memakai istilah yg kurang teknis.
Saya bermaksud menggunakan linux server sebagai pengganti
server novell netware 5.0 (disingkat netware 5.0).
Jadi setelah linuxnya sukses diinstall, client yg semula
konek ke mesin netware 5.0 tdk akan merasa perbedaannya
kalau sekarang mereka konek ke mesin linux.

Cerita sesungguhnya begini, ada sebuah bank BUMN di sini
yg akan menggunakan server netware 5.0. Saat ini mereka
kesulitan untuk mengkonekkan user-usernya ke server
berhubung license yg diperoleh cuma untuk 1 user (demo
license). Saya pernah dengar bahwa paket marsnwe bisa
membuat linux berlaku sbg server novell netware.
Cuman saya tidak tahu apakah seluruh feature netware
disupport oleh linux atau cuma sebagian saja dan paket
marsnwe itu support netware versi berapa ? Karena program2
bank bumn tsb (pakai btrieve) katanya hanya bisa dijalankan
dr mesin novell netware 5.0.

Kalau ada rekan2 yg mungkin bisa dan tertarik untuk
mengajukan penawaran instalasi linux as netware 5.0 boleh
kirim email japri. Penawaran anda saya teruskan ke yang
berwenang.

Salam,

~yudi