Nurul Hidayati wrote:
> Dear All,
>
> Gimana caranya untuk membackup mingguan koleksi email user di server
> linux. Mereka menyimpan email selain di var/mail/spool/ juga di /home/
> masing-masing. Nah bagian inilah yang ingin dibackup. Apakah kalau
> proses copy biasa file2 tsb ke dalam CD terus ntar di restore lagi ke
> server yang baru menjamin si user bisa ngakses koleksi email mereka .
>
> Adakah standar operating procedure untuk melakuan backup email di linux?
>

> Trims

Kalau menurut saya (diskusi boleh kan?) sepertinya yang dari
/var/mail/spool dicopy biasa dengan opsi -a (-dpR - baca man) sehingga
attributnya tidak berubah dan restorenya bisa tinggal pasang aja dengan
metode cp yang sama.

Kalo yang di home direktori asalkan nama direktorinya seragam rasanya
sih bisa. Mungkin dengan script kecil kaya gini:

#!/bin/bash

for users in `cut -f1 -d\: /etc/passwd`
do
        if [ -d /home/$users/dirMailnya ]; then
                cp -dpR /home/$users/dirMailnya /dir/backup/mingguini
        fi
done
tar cvjf bk-minggu-ini.tar.bz2 /dir/backup/mingguini

Kalo udah terkompress, proses bakar ke CD pake apa aja ndak akan
mempengaruhi permission file2 dalam archive itu. Kalo ndak pake
dikompres dan pake mkisofs, mungkin harus nyebutin -R (RockRidge
Extention) sehingga permission bisa tersimpan bener juga.

Simpelnya gitu kali ya? Mungkin yang lain bisa ngasi tambahan/koreksi :)

--
KM