Dear All,
Aku udah install linux mandriva neh di kompie P3 lama dan aku ingin ia
dijadikan gateway plus mailserver eksperimen+proxy+firewall untuk LAN
kantor.

Nah kebetulan kantor baru pindah belanganan internet ke Indosat plus
bonus 16 IP statik .  Sebelumnya kita pernah beli domain misal
nurul.co.id dari ISP lama (misal CBN). Nah sampai sekarang nurul.co.id
tsb masih dihost di ISP lama (CBN) dan NSnya pun masih diset di ISP
tsb.

Pertanyaannya:
1. Gimana caranya untuk mengubah NS tsb dari CBN ke indosat. Apakah
ada model semacam Cpanel utk ubah NS .co.id??
++ jika account-handler dari domain tsb anda punya tinggal rubah aja arahin
ke IP Address dimana domain tsb nantinya mau ditempatkan di Indosat,
tentunya ditempat yg baru juga harus nge-daftarin domain tsb ke dns
servernya.
Tapi kalo account-handler dari domain tsb dipegang CBN anda mesti minta dulu
ke dia.

2. Apakah setelah diganti NS tsb ke Indosat, saya harus bilang lagi ke
pihak indosat tolong donk diarahin nurul.co.id tsb ke IP misal
218.54.25.14. Apakah begitu prosedurnya?
++ baiknya sih koordinasinya sebelum mindahin.
soal prosedur bisa berbeda, baiknya tanyain aja ke mereka pastinya gimana,
ntar biar proses pindahnya lancar.

3. Apakah kita bisa bikin DNS server sendiri, sedengakn koneksi
intenret mengandalkan DNS server Indosat? (maaf kl stupid quetion)
++ jika anda punya koneksi fixed, gak ada salahnya kalo dns bikin sendiri.

4. apakah benar jika saya menset
eth0 = 218.54.25.14. , default gatway = Router ??
eth1 = 192.168.1.1 , deafult gateway= 218.54.25.14???
++ umumnya default GW cuma 1.
kalo maksud anda mau ngeset gateway server : default gwnya diarahin aja ke
IP router, trus semua traffic dari PC client dilewatkan via 192.168.1.1 di
eth1 (PC client default gwnya IP ini), selanjutnya dimasquerade dengan
gerbang keluar/masuk dunia luar via 218.54.25.14 di eth0

5. Apakah domain .co.id bisa expired???
++ sekarang lagi gak tentu soal xx.id , so jawabanya tinggal tunggu nantinya
pengurus yg baru gimana ... peraturanya gimana ...
sekarang lagi bingung deh ... termasuk mau mindah NS or.id & co.id mesti
gimana ...

salam,
-rianu-

Trims atas pencerahannya...