betul Bu,
ikutin saran dari kawan2 agar IP anda diset DNS reverse entrynya. gak ada
ruginya lho, malah banyak untungnya. (e-mail2 dari www.kantorku.com tidak
bakalan dianggap spam)
di sini aku sering terima complain dari para user, kenapa e-mail dari
customer mereka yang dikirimkan ke kantor, pada ditolak (dianggap spam)
ternyata banyakan gara2 yah itu NO REVERSE DNS ENTRY.. hehehehe... dan
ternyata itu customer berada di PT yang boleh dibilang cukup punya nama,
namun mail-adminnya tidak ikutin standar.
kalo ternyata indosatnya gak berminat untuk merubah atau bawel/cerewet
dalam hal itu, mendingan pindah ISP ajah deh, hehehehe.
oh iyah, ip2nya indosat banyak yang tercatat di abuseat.org lho!!!
mailserver kita di sini sering terima tuh e-mail yang aslinya legitim
(ipnya punya indosat lho) tapi karena tercatat yah.. nasib lah dianggap
spam. mau gak mau nambah tuh nama hosting di dalam whitelist.. hehehe
ciao,

arko sasongko

                      Harnanto

                      <[EMAIL PROTECTED]        To:
tanya-jawab@linux.or.id
                      om>                      cc:

                                               Subject:  Re: [tanya-jawab] Mail
server gak ada DNS servernya
                      09/13/05 12:37 PM

                      Please respond to

                      tanya-jawab

On 9/12/05, Nurul Hidayati <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> kebetulan di kantorku dipasang sebuah mail server dengan koneksi
> internet 24 jam. Dan di mailserver tsb DNS-nya tidak disetting, jadi
> mengandalkan DNS indosat (202.155.***.*** dan 202.155.0.1***). So jika
> indosatnya down, www.kantorku.com gak bisa diakses. Yang bisa diakses
> hanya alamat IPnya saja (218.25.58.***).

Udah, pindahin aja domain kantor anda (transfer domain) ke yang lain.
Contohnya joker.com. Kebetulan barusan kemarin ini saya daftar disitu
setelah dimana-mana menolak pembayaran pakai kartu kredit saya.
Prosesnya cepat dan gampang plus ternyata disediakan DNS hosting
gratis dan bisa di-manage sendiri pakai browser.

>  "218.25.58.*** has no reverse DNS entry; some mail servers may not
> accept your mail."
>
> Nah maksud "reverse DNS entry" itu seperti apa? Padahal sih untuk send
> receive email alhamdulilah lancar-lancar aja. Paling email sever ku
> sering dapet email spam dari kelud indosat. Kayaknya dia open relay.

Nah ini penyakitnya kebanyakan orang Indonesia. Prinsipnya cuman asal
bisa dipakai ya sudah. Padahal internet itu ada karena kita bisa
saling menjalankan standard/kaidah umum yang diberlakukan.

Kaidah mengenai hal tersebut bisa dibaca di RFC1912
http://www.faqs.org/rfcs/rfc1912.html

Prinsipnya setiap host atau network yang terkonek ke internet harus
punya DNS reverse entry. Dalam hal ini semestinya anda bisa minta
kepada ISP yang bersangkutan agar IP address yang dialokasikan pada
anda sudah diset DNS reverse entry-nya.

Yang baru sekarang ada juga yang namanya SPF (Sender Policy Framework)
yang ditujukan untuk mencegah SPAM. Jadi kalau memang tidak suka
dengan SPAM sebaiknya orang Indonesia mau menerapkannya.

http://spf.pobox.com/

Arko Sasongko

PT. Kawan Lama Sejahtera. Jl Puri Kencana No 1, Jakarta,11610 - Indonesia
Ph. +6221-5828282,  Fax.  +6221-5820088, http://www.kawanlama.com
Freecall Kawan Lama  0-800-1-2255-55 (0-800-1-CALL KL)

Proud to announce that our Calibration Lab.(scope: Dimension & Force)
has been accredited by KAN with registration No. LK066 - IDN