On Sat, Sep 24, 2005 at 11:29:29AM +0700, Lukman HDP wrote:

> Tapi bukankah dalam hal ini adressnya sama pak?
> Karena yang dimaksud si penanya kan aplikasi yang ingin dipaksa masuk
> proxy (web browser) itu kan ada di mesin proxy itu sendiri.
>
> Jadi dalam mesin itu, semua request port 80 yang keluar, akan dipaksa
> diredirect ke port 8080 pada mesin itu juga.

Ini rulenya kan?

  iptables -t nat -A PREROUTING -i eth0 -p tcp --dport 80 -j REDIRECT --to-port
8080

Request yg digenerate di mesin itu sendiri tidak akan match rule di
atas, jadi tidak akan kena redirect. Kenapa? Karena bukan berasal dr
eth0 dan gak masuk table "nat".

Makanya saya bilang addressnya penting. Selalu inget source dan
destination address, jgn cuma destination aja atau portnya aja.

Kalo gak percaya ganti aja targetnya dr REDIRECT jadi LOG. Trus
generate traffic HTTP dr mesin itu. Cek lognya. Bandingkan dg kalo
anda generate traffic dr mesin lain yg di-NAT.

Ronny