Teman-teman,

Mungkin sudah ada yang tahu kalau di OpenOffice Linux,
difasilitas Special Character, penulisan bahasa arab
menyambung sendiri secara otomatis dan bisa ditambah
dengan tanda bacanya.

Saya baru ketemu fasilitas tersebut. biasanya saya
menyisipkan huruf arab dengan 1 huruf dan tidak
menyangka Ooo bisa menyambungnya. Saya mempergunakan
Ooo versi 1.1.2. Jadi saya ga perlu lagi beli software
arabic

Adapun caranya :
1. Klik Insert, Special Character
2. Pilih font yang diinginkan. misal Times New Roman
3. Di kotak subset atau kotak yang dibawah cari bahasa
arabnya. Biasanya terletak di basic arabic, arabic
presentation form-A dan B.
4. Klik simbol yang ingin digunakan. misalnya ﺷ
5. Untuk memberi tanda baca. pilih tanda bacanya.
sehingga menjadi ٌﺷ
6. Begitu seterusnya.
7. Setelah selesai semua OK.

Bila tidak ada fasilitas arabicnya, coba install
languages arabic. untuk bahasa jepang dan china,
mungkin sama.. maaf yang ini saya belum nyoba

Semoga berguna.