X menyediakan feature xkb untuk input character non-latin langsung
dari keyboard,  xkb mengubah layout keyboard sehingga tiap tombol bisa
dimap ke character lain, pertintahnya
setxkbmap {namaLayout}, e.g.
% setxkbmap ar
untuk input character arab,  tiap tombol character akan dimap sesuai
layoyut keyboard arab
layout keyboard yang lain bisa dilihat di directory
/etc/X11/xkb/symbols (dev untuk devanagari/india, ru untuk russia
dll).
kalau mau tahu character apa dimap ke tombol mana lihat langsung ke
/etc/X11/xkb/symbols/{namaLayout} (e.g.  /etc/X11/xkb/symbols/ar untuk
arab) atau cari aja digoogle.
 atau gunakan interface GUI-nya seperti kxkb di KDE, akan terlihat
icon bendera keyboard layout yang sedang aktif.

CJK (Chinese, Japanese, Korean) tidak bisa hanya menggunakan xkb,
harus dengan XIM atau im module Gtk+. Dan kalau mau memasukkan
character 漢字/Hanzi/Kanji/Hanja harus ada dictionary-nya.

Font untuk character bersangkutan harus terinstall, kalau mau gampang
install font yang lengkap seperti Arial Unicode MS (ada di cd m$
office) atau Monotype Sans WT J dari IBM JDK.

Satu lagi environment variable LC_CTYPE harus diset sesuai bahasa yang
ingin ditampilkan, gunakan UTF-8 untuk menampilkan semua bahasa.
contoh, LC_CTYPE=ar_IQ.UTF-8, tapi biarkan LC_MESSAGES=id_ID.UTF-8
atau en_US.UTF-8, kalau masih ingin pesan dalam bahasa
Indonesia/Inggris.

Seluruh aplikasi Gtk+/Qt sudah support shaping, tidak hanya
openoffice.  termasuk di mozilla yang sekarang saya pakai الموزلّ .

Kirim email ke