On Wed, Dec 21, 2005 at 05:15:17PM +0700, Fajar Priyanto wrote:

> Thanks Oom. Sorry :) Tapi yang nyebelin, dia ngirimnya ke email
> japri saya yah? Sampai jam 5 sore ini masih aja terkirim. Totalnya
> kira2 ada sekitar 20 email seharian ini.

MDaemon kalo salah setup gitu. Versi lamanya malah default settingnya
begitu katanya dan gak bisa diganti(?). Makanya dulu saya benci banget
kalo denger MDaemon (skrg juga masih).

Ibaratnya tukang pos, seharusnya yg dibaca utk mengantar dan
mengembalikan surat itu hanya yang tertera di amplop, tidak boleh
membuka isi suratnya utk melihat nama yg tertera di dalamnya.

MTA juga seharusnya begitu, tapi MDaemon ini sok tau (atau gak tau
standard) jadi bukannya menghargai envelope address, malah mengirim
bounce ke alamat yg ada di header "From". FYI, "header" email itu di
mata MTA seharusnya adalah termasuk isi surat, tidak seharusnya dipake
utk menentukan alamat, yg dipake hanya envelope sender (MAIL FROM dan
RCPT TO di SMTP).

Tapi denger2 sih MDaemon yg recent (udah agak lama juga sih) udah gak
begitu lagi. Gak tau lagi kalo adminnya yg dodol malah sengaja
dibegituin. Saya gak ngerti aja org mau dan berani jalanin service2
seperti email server di Windows. Bayar lagi utk begitu (Windowsnya DAN
MDaemonnya). Kasian banget.

Ronny