Arie Reynaldi Z wrote:
Sharing pengalaman.
1. Semua data penting ditaruh di samba server (misal, server A).
2. Ada server B yang tugasnya me-rsync data2 tersebut ke satu folder,
rsync tiap jam 8 malam.
3. Di server B, install program storeBackup.pl. Cara backupnya bagus,
dan gak buang2 size HD.

Restore, tinggal ambil data hasil backup dari storeBackup, lalu
dipindahkan ke server A.

Dion Sasmito wrote:
smbmount sharenya terus rsync local to local kan bisa ?
ie.
smbmount //ip-address-client/sharing mnt
rsync mnt /backups/ip-address-client/data

kalau mau di archive, saya anjurkan pake afio
(http://freshmeat.net/projects/afio/) di banding tar.gz, afio kalo ada
data yang rusak di dalam archive (cd kena scratch/tape rusak), bisa
recover dengan gampang, hanya file(s) yang data nya rusak yang
terefek.

Ilya Alexander S wrote:
Dulu saya pernah coba kira kira metodenya sbb:
- pd waktu tertentu, use 'smbmount' utk mount hdisk (folder) windows client (yg sudah disepakati tempatnya)
- compress file yg diambil
- save jadi nama namamesin_YYYYMMDDJJMM.tar.gz

Dibuat aturan baku perusahaan:
- Wajib taro file2 kerjaan penting di homedir samba masing masing
- File2 yg di samba server dijamin (mudah2an) kagak hilang, kalau hilang, itu force majeur (alias nasip ya nasipp...) - Yg kehilangan data di pc/notebook masing-masing krn crash/kehapus/virus dlsb = sukurin = biar rasa (alias salah sendiri)

dny wrote:
kalo bisa sih...
di pc client kasih login sebagai user biasa.
trus dibatasi aksesnya dan kalo bisa bikin hak akses semua folder read-only.

karena gak bisa write, maka user terpaksa emang musti save file ke server samba.

nah, tinggal siapin 2 server samba di lokasi/ruangan yg berbeda
pake rsync aja...

kalo mau lebih mudah sih, ganti semua pc dgn thin client, tanpa
floppy, tanpa hdd.
http://www.polarisnetwork.com/portal/linuxthinclient

Terima kasih atas masukannya. Semua usulan yang masuk saya "quote" diatas, mudah-mudahan bisa dipakai rekan-rekan milis yang lain. Sekarang tinggal memformulasikan masukan yang saya dapat.

___________________________________________________________ Yahoo! Messenger - NEW crystal clear PC to PC calling worldwide with voicemail http://uk.messenger.yahoo.com