rednux wrote:

kawan,

saya sudah install mailserver (via source):
# qmail
# vpopmail
# qmailadmin
# Courier-IMAP
# SquirrelMail
# Qmail-Scanner / Clam AntiVirus / SpamAssassin

ini bagan network saya :
internet <---router<-----gateway/proxy<------mailserver
                                       |                            |
                                       |                            |
                                       +----------------client LAN

ada beberapa yang saya tanyakan :
1. saya coba telnet dari dalam mailserver sendiri tidak bisa masuk
   $telnet localhost 25 or $telnet localhost 110
   saya coba dari luar mailserver yg masih 1 blok IP (local), Bisa.
   kira2 penyebabnya apa ?
coba
#netstat -an | grep LISTEN
apa ada yg alamatnya loopback listen di port 25 atau 110

2. saya test menggunkan outlook di client, dan bisa kirim, tapi kok
belum keterima diluar LAN(gmail dll) atau didalam LAN (email lokal)
artinya ada masalah untuk koneksi ke internet bisa jadi :
DNS ==> cek dns apa mesin mail server bisa lookup tujuan
mungkin di content filter-nya ngantri atau ada konfigurasi salah, coba dilepas dulu. COba anda install atau konfigurasi jangan sekaligus biar nggak pusing. konfigurasi qmail dulu coba kirim e-mail dan terima, pasang vpopmail kemudian coba, terakhir pasang content filter. Isolasi masalahnya terlebih dulu supaya gampang resolve-nya.

3. saya kirim dari luar (gmail) ke email saya juga tidak bisa masuk
ada hubungannya dgn pertanyaan no 5.

4. dimana kita mengecek 'log' baik saat ada email masuk / atau email
keluar / email antrian ?

5. mailserver saya (webmail/pop/smtp) tidak bisa diakses diluar, namun
dalam 1 LAN (local) bisa.
cek routing dan firewall-nya, coba lepas dulu firewall di gateway/proxy