On Tue, Feb 28, 2006 at 12:21:27PM +0700, Feris Thia wrote:

> Ok Pak Ronny,
>
> Di Server saya ada mii-tool dan ini hasilnya :
> eth0: no autonegotiation, 10baseT-HD, link ok
> eth1: negotiated 100baseTx-FD, link ok
>
> Terus terang untuk level ini saya kurang ngerti.... ada masalah dengan
> hasil output mii-tool ini ga Pak Ronny ? Soalnya satu no
> autonegotation dan satu negotiated... maksudnya apa ya ?

Anda harus bandingkan lagi dengan ujung satunya. eth0 tidak nyambung
ke eth1 kan? Jadi yg dibandingkan bukan antara eth0 dan eth1, tapi
eth0 dg switch atau eth1 dg switch. Keduanya (eth dan switch) harus
sama, gak boleh satu full satu half. Kalo perlu force utk tidak
autonego.

Trus ini tepatnya anda pake switch atau hub?

Yang nyolok ke switch interface yg mana? Lalu switchnya sendiri pake
autonego atau nggak dan duplexnya gimana? Ini harus dicek ke
switchnya, gak bisa dr linux (kecuali kalo switchnya managed, anda
bisa telnet/ssh ke switchnya).

Sekali lagi, untuk memahami masalahnya anda coba google dg keywords
"duplex mismatch", URL nya udah saya kasih sebelumnya. Ini contoh
salah satu penjelasannya (hasil dr googling tsb):
http://www.voiptroubleshooter.com/problems/duplex.html

Ronny