Lukman HDP wrote:

> Apakah sebelumnya clamav sudah terinstall? dari source atau RPM juga?
> Apakah penyedia RPM versi sebelumnya sama dengan penyedia rpm yang
> sekarang?
>
> Mungkin ada konflik file di sini
Saya hanya sharing pengalaman saja.
Memang menggunakan RPM ada enaknya, tapi kadang saya sulit menemukan
file RPM terbaru jika muncul pesan bahwa kita harus update engine untuk
clamav dengan yang paling baru.

Jadi saya memutuskan untuk menginstallnya dari source, bukan dari RPM.
Cara install dari source tidak ribet,semuanya ada disertakan, tinggal
baca dan ikuti.
Proses upgrade engine-nya pun tidak susah, tinggal install ulang.
Konfigurasi lamanya pun tidak akan tertimpa/terhapus

Demikian pengalaman saya.
Terima kasih, mudah-mudahan bermanfaat.

Chandra