On Thu, Apr 13, 2006 at 08:31:39AM +0700, Raffaell wrote:
> ya, kan masih newbie, makanya nanya di milis ada cara lain ngga untuk
> benerinya
> barangkali ada yang expert....
>
> udah di jawab ama mas tri via japro, thanks mas
> "
> kayak nya lambat karena swap nya mati, alias linux nya kerja cuma pake real
> memory.
>
> 1. swap on file dulu (man swap :)
> 2. format partisi swap nya (man mkfs :))
> 3. balikin swap nya ke partisi swap (again, man swap :)))

Saya mau reply sdh kebalas duluan ... :-)
Pengalaman saya belum pernah jumpai trouble saat mount partisi swap.
Yang sering sih partisi tertentu corrupt datanya shg perlu di-fsck.
Saran saya jika anda install linux, jangan lupa check_bad_block
ikut dipilih saat format partisi yg dipakai linux.
Dulu pernah slackware yg jalan sbg mesin proxy tiba2 koneksi internetnya
lambat, saat dicek ternyata ada partisi cache squid yg punya bad block.
Tanpa perlu matikan server, karena saat itu banyak user yg lagi online,
akhirnya transparent proxy squid dimatikan dulu, user2 browsing tanpa
proxy, terus jalankan e2fsck dg option -c untuk cek badblock, soalnya
dulu pertama kali install linux saya lupa atau sengaja tdk cek badblock,
setelah ketahuan badblock ada di block berapa, akhirnya saya create partisi
baru untuk squid tanpa melibatkan block yg bad tsb, lumayan ada sekitar
250MB tdk terpakai.

Tanpa bermaksud menggurui, sebaiknya partisi linux yg sering kerja berat
maksudnya sering dilakukan operasi rw ditaruh di bagian akhir/buntut.

Salam,

~yudi