On Sat, 29 Apr 2006 14:58:35 +0700
Rudi <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

]dear linuxers,
]
]Saya ada problem dengan printer Epson Stylus C41SX (parallel port) di
]XandrOS OCE 3.0.2 (kalo tidak salah ini turunannya Debian). Saya sudah
]coba segala macam cara troubleshooting tapi kok belum ada tanda-tanda
]mendekati berhasil. Saya sudah coba menggunakan foo2zjs dan driver
]Epson avasys juga tidak berhasil. Saya coba juga ngeprint ascii text
]pake "cat /my/file.txt > /dev/lp0" juga nggak berhasil. Printer tetap
]diam 1000 bahasa. Padahal di control center XandrOS printer terdeteksi
]di Paraller Port #1. Kira-kira apa ya problemnya?
]Kalo ada yang pernah berhasil mengoperasikan printer ini di
]XandrOS/Debian mohon dengan sangat untuk di share pengalamannya.
]
Sayang nih, saya belum pernah pake Xandros.
Tapi pak Rudi coba cek dulu CUPS-nya (print-server sdh jln apa blm ?).
Kalo pake driver dari avasys, pastikan ekpstm-nya jalan juga pak !!!
Hmm ... di Slackware 10 yg saya pake sih ada di /rc.d/rc.ekpd
Minimal dgn ekpstm bisa kondisi printer dan monitor tinta-nya,
kalo benar ekpstm sdh bisa .... ya berarti bisa nge-print pak !!!
Maaf kalo tdk membantu banyak ?8)
Selamat berjuang kawan.