On Thu, May 25, 2006 at 04:35:37PM +0700, Yanu Widodo wrote:
> btw, kalo ke dirinya sendiri malah jadi kosong mas erdwin.
> $sed -e 's/eksplorasi/exploration/' text.txt > text.txt
> tapi kalo di output kan ke file lain jadi ok.

Itu karena shell akan membuka file yang di sebelah kanan tanda ">"
dulu untuk ditulisi sebelum menjalankan perintahnya (dalam hal ini
sed) dan langsung meredirect outputnya ke file yg sudah dibuka tadi.
Dan karena ">" membukanya bukan mode append, maka isinya udah kosong
pada saat sed dijalankan.

Jadi biasanya ya diredirect ke temp file dulu, baru direname/mv.

Kalo mau in-place editing (tanpa temp file) saya biasa pake option -i
nya perl:

    perl -pi -e 's/eksplorasi/exploration/g' text.txt

Baca 'man perlrun' untuk info lebih lanjut.

Ronny