> sekalian ikutan nanya dong, gw skrg lagi coba kubuntu dapper 6.10 yang
mau saya tanyakan, knp kok beda sama linux laennya ya, kok ga bisa masuk
root, dan password rootnya apaan? pas mau install2 dia minta password
root, gw dah masukin password user gw, tapi tetap aja dia minta pwd
root, ada yang bisa kasih penjelasan? Thx

Keluarga Ubuntu memang punya perilaku demikian, root password tidak
"diberikan". Untuk melakukan hal2 yang membutuhkan root, Anda dapat
menggunakan sudo, contoh:

$ sudo namaperintah opsi

Lalu masukkan password untuk user tersebut.

Jika memang nekat ingin password root, gunakan perintah ini:

$ sudo passwd root
Password: -> password user
New unix password: -> password untuk root
Retype unix password: -> retype password root

Nah, sekarang root bisa digunakan.

Regards,

Ir. Yahya Kurniawan
Penulis Buku Komputer