bukan gitu pa, kita pengen kasi pelanggan kita yang terbaik..dengan
internet 2Mb.tapi untuk single komputer aja... kalau dia share..tetep
aja pc yang kedua lumayan cepet juga...
sebenarnya di NAT,ip dibawah nat masih nempel di header tcp..jadi
pasti bisa di trace pake iptables...tapi saya blom tau cara nya
aja..hehe

On 6/15/06, Fajar Priyanto <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
On Thursday 15 June 2006 10:11, Johan wrote:
> dear temen2,
> saya mau nanya donk, saya punya server sebagai gateway+proxy+HTB untuk
> melayani pelanggan internet saya, dan kami mencharge pemakaian
> internet yaitu per-pc,
> saya membatasi pelanggan dengan IP+mac address di ACL Squid.
> pertanyaan saya adalah :
> skrg ini pelanggan saya bisa menshare internet dia dengan memakai dua
> nic,dan saya tidak bisa mencegah karena saya hanya membatasi IP
> tertentu harus memakai Mac Address yg telah di define.
> bagaimana caranya agar saya bisa mencegah agar hanya 1 PC saja yg
> [...]

Ngga bisa. Soalnya dengan pakai NAT atau masquerade yang keluar dari PC dia
IP-nya cuma satu. Tapi mestinya dengan penerapan HTB mestinya kamu ngga rugi
dong? Kan maksimum bandwidth yang dia dapatkan bisa kamu batasi.

Sama seperti analogi kalo kita pakai Telkomnet instant. Terus koneksi ini kita
share ke 10-50 PC. Terserah kita. Yang lambat yah kita2 sendiri juga.
CMIIW,
--
Fajar Priyanto | Reg'd Linux User #327841 | Linux tutorial
http://linux2.arinet.org